Minggu, 08 November 2009

Maksimalisasi kalkulator dengan listing program


Membuat kalkulator mini, memerlukan listing program, dan untuk itu listing programnya harus kita pahami dulu, untuk apa kode program itu dibuat, maka dari itu saya akan coba menjelaskan semampu saya dalam memahami listing program pada visual studio 2008, untuk memudahkan mengingat, yang pertama adalah :

Pada gambar disamping komponen yang diperlukan untuk membuat tampilan inteface seperti ini yang kita pakai adalah :

a. 19 belas button yang kita sudah ganti namanya, seperti button1 diganti namanya

menjadi tombolangka1, sampai button 19 menjadi tombolhasil yang bergamabar

=, button 17 dengan nama tombolback.

b. 1 buah textbox yang juga kita ganti namanya menjadi texthasil.

1. Variabel adalah tempat menampung data sementara, contoh variabel dapat anda lihat pada potongan program berikut :

Public class adalah area umum atau area luar yg bisa dipakai oleh smua komponen, juga sering disebut sebagai form.

Berikut ini adalah beberapa variabel yang dipakai untuk kode program kalkulator ini, dengan beberapa tipe data, tipe data sangat erat hubungannya dengan variabel, karena tipe data menentukan range data yang dilayaninya dan memori yang digunkannya.Dalam VS 2008 ada beberapa contoh tipe data diantaranya adalah :

Double Memory yang dipakai 8Byte

String Memory yang dipakai 1Byte per karakter

Integer Memory yang dipakai 2Byte

    a. Oldperintah adalah tempat menyimpan perintah sebelumnya misal 1 + 2 - 1 artinya hasil dari 1+2 itu disimpan pada tombol tambah dengan variabel old perintah.

    b. var1 untuk menampung angka pertama dalam bentuk double, dan var2 menmpung angka kedua juga dengan tipe data double.

    c. Variabel xFirst hanya menampung data true or false dengan tipe data boolean.

    d. Varabel xHasil akan menyimpan data dari hasil yang kita inginkan.

    e. Variabel perintah adalah tempat menyimpan apa saja yang ingin kita lakukan seperti memasukkan operator +, -, *, dan /.

    2. Berikutnya adalah keterangan untuk pemakaian private sub, artinya prosedur ini hanya dikenali pada skup text ini saja dengan diakhiri denga end sub.

    ByVal berfungsi sebagai untuk merubah nilai yang ada di dalam variabel xNilai

    sebagai string untuk mengurangi kesalahan

    Prosedur ini berfungsi untuk menampilkan ketika tombol yang kita klik ditombol kalkulator dan ditampilkan di textbox yang ada, dengan proses pencabangan if. Dimulai dengan if dan diakhiri dengan end if. Texthasil.focus() berarti kursor yang ada akan terfokus dan akan diam di textbox hasil. Karena kita membuat prosedur private sub maka kita juga akan mengakhiri dengan end sub.

    3. Setelah membuat prosedur tampil kita juga harus membuat prosedur proses yang berfungsi untuk memroses tindakan / action kita terhadap program kalkulator ini, dengan kode program seperti berikut :

    a. Dengan memakai proses pencabangan if dan case, yang diawali dengan if dan dilanjutkan dengan pencabangan select case, dan jangan lupa untuk memastikan sedah membuat end if dan end select. Case yang pertama adalah jika +, -, x, / bernilai true maka perintah tersebut akan disimpan pada variabel xperintah, lalu ditampilkan pada texthasil dengan perintah CDbl yang berarti convert to double, untuk menghasilkan angka yang kita inginkan.tapi jika oldperintah tidak sama dengan yang ditandai dengan <> maka dilanjutkan dengan if oldperintah jika +, -, x, / maka text hasil akan memroses var1 dan xhasil, jika mengklik tombol backspace maka akan menghapus 1 karakter kekiri.

    b. Perintah C adalah untuk mengosongkan textbox hasil.

    c. Dan untuk case “=” adalah untuk menhasilkan dari var1 dan var2.

    d. Jangan lupa menambahkan end sub untuk mengakhiri prosedur private proses yang

    kita buat.

    4. Setelah itu kita akan memanggil prosedur yang sudah kita buat tadi. Dengan cara mengetikkan nama prosedur yang kita buat dengan nama tampil.

    Untuk keterangan private sub dan selanjutnya memang default dari vs 2008 sudah menyediakannya, untuk mendapatkannya cukup dengan kembali ke desain formnya lalu klik 2x di button yang akan kita tampilkan, contoh diatas adalah menampilkan tombol angka 1. lakukan hal yang sama untuk tombol yang lain yaitu 2-000, dengan hanya menambahkan tampil(“2”), tampil(“3”), …tampil(“000”).

    5. Bukan hanya prosedur tampil yang akan kita panggil prosedur proses pun kita harus panggil dengan cara : mengetikkan nama prosedur proses.

    Hampir sama dengan prosedur tampil, yaitu hanya menambahkan kalimat proses (”+”) untuk proses penjumlahan, dan selanjutnya anda hanya tinggal menambahkan operator yang lain seperti -, x, dan /. Semua sudah dimudahkan di VS 2008 dengan mengklik tombol tambah, kurang, kali dan bagi, kita cukup mengetikkan perintah tadi didalam private sub yang sudah ada.

    Selain itu untuk tombol backspace (dalam program disingkay ’back’ saja), c, dan = perintah yang kita berikan sama denagn ke empat tombol operator itu, contohnya seperti ini :



    Demikanlah penjelasan singkat saya tentang memaksimalkan program kalkulator dengan listing program yang ada, saya harap penjelasan yang saya berikan dapat membantu anda, dan apabila ada kekurangan saya mohon maaf karna saya sudah mencoba memberikan yang terbaik.GBU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar